Minggu, 28 Agustus 2011

Perang Dunia II ( 1939 - 1945 )

Perang setelah perang dunia I. Perang dunia II ini benar - benar terjadi secara Global karena perang tak hanya di Eropa bahkan menjalar ke Asia-Pasifik, penyebab perang dunia II adalah,

a. munculnya faham baru (fasisme) yang menyebabkan perang ideologi antarnegara.
b. Rasa dendam Jerman terhadap sekutu karena denda perang dunia I sangat memberatkan dan merusak ekonomi bangsa Jerman.
c. serta rasa tidak terima Italia dan Jepang (anggota sekutu saat PD I) karena imbalan kepada mereka terlalu sedikit.
d. Perang kehebatan senjata, Inggris puya AL yang sangat kuat dan RAF ( Royal Air Force ) yang sangat setia pada kerajaan, Jerman memiliki pesawat jet tempu Messerschmitt me-262 dan Tank Kingtiger yang sangat ditakuti sekutu, Jepang punya Kapal selam I-400 yang bisa membawa 2 pesawat sekaligus serta punya Beberapa pesawat tempur hebat seprti Nakajima B5N2 Kate, Mitsubishi A6M2 zero, dan Aichi D3A1 Val.
d. Jerman menganut prinsip politik Lebensraum (ruang tinggal), yakni mengambil alih wilyah negara lain untuk memprluas wilayah jerman. serta jepang yang memburu bahan mentah dengan melaksanakan ekspansi ke negara Asia-Pasifik, italia yang ingin membangun sebuah kerajaan Romawi baru.

Awal perang dunia II Pihak axis sangat kuat dapat melaju dan menguasai wilayah lain dengan sangat cepat. tetapi USA yang awalnya bersikap netral kini mulai menyatakan perang terhadap Jepang dan Nazi karena USA diserang di Pearl harbour dan karena USA membantu Inggris melawan NAZI. USA dalm perang dunia II hampir tak tersentuh (hanya Alaska dibom oleh Jepang ). pada pertengahan 1942 Kekuatan Axis mulai melemah seiring kekalahan Jepang dalam pertempuran laut koral dan Midway. serta Battle Of Britain yang tak membuat Jerman berhasil menguasai Inggris karena terhambat oleh RAF, serta musim dingin rusia yang menghambat laju pasukan Jerman dan akhirnya terdorong ke luar Uni Sovyet. 1 tahun berselang Italia dikalahkandan, cengkraman Nazi di Afrika Utara dilepaskan karena kalah dengan tentara Inggris pimpinan Jendral. Bernard Montgomery dengan pasukan tikus gurunnya yang dengan cemerlang membebaskan Afrika Utara dari Pasukan Nazi pimpinan Marsekal. Erwin Rommel dengan pasukan Rubah Gurun. klimaksnya pada tahun 1944 saat D-Day pasukan Jerman gagal membendung pasukan sekutu di pantai Normandia, dan gagal mnendang pasukan sekutu kePrancis di pertempuran Bulge. Serta pasukan Jerman gagal pula menghambat gerak pasukan Rusia yang makin hari makin mendekati Jerman. serta Jepamg yang terus menerus menderita kekalahan, hingga terakhir di Iwo Jima dan Okinawa sebagai benteng terakhir Jepang akhirnya jatuh. USA menerapka taktik lompat pulau dengan cara menguasai pulau-pulau penting di Asia-Pasifik yang dipakai sebagai jalur pesawat pembom mereka untuk mengebom Jepang.
taktik ini berhasil dan akhirnya USA dapt mejatuhkan bom atom yang mengakhiri perang di Hiroshima dan Nagasaki.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar